Produksi Budidaya Ikan Nila Sumatera Utara

Berita Perikanan – Produksi Budidaya Ikan Nila Sumatera Utara Mencapai 60 Ribu Ton – Budidaya ikan nila sangat potensial dikembangkan di Sumut, oleh karena itu, sejak tiga tahun terakhir produksi ikan Nila dari Sumatra Utara dapat mencapai 60ribu ton setiap tahunnya.

Keadaan ini juga menjadikan Sumut termasuk penyumbang ekspor terbesar ikan Nila ke-5 di Indonesia terhadap pasar Amerika.

Robert Napitupulu, Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan dan Kelautan Sumatra Utara, menguraikan budidaya ikan Nila bisa ditemui disemua kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

“Budidaya ikan Nila tersebut bisa ditemukan dalam skala besar maupun skala kecil yakni skala rumahan. Sedangkan untuk skala besar hanya berada di beberapa kabupaten saja, di antaranya Tobasa, Samosir dan Simalungun,” ujarnya kepada Bisnis hari ini.

Selain diproduksi oleh masyarakat Sumut sendiri, paling besar produksi ikan Nila juga dihasilkan oleh perusahaan Aqua Farm yang ada di Sumut yang secara khusus membudidayakan ikan Nila jenis unggul dan hanya dipasarkan di Amerika.

“Dari Aqua Farm saja bisa menyumbangkan ikan Nila sebesar 35 ribu ton per tahun,” ujarnya.

Robert juga menyampaikan, untuk terus mendorong pertumbuhan produksi ikan Nila dan produksi ikan lainnya, tidak kurang dari 60% anggaran dikucurkan untuk pakan ikan. Kebutuhan yang besar pada pakan ikan tersebut untuk memompa pertumbuhan ikan lebih besar.