Bagaimana Mengubah Duri Tulang Ikan Bandeng Menjadi Abon

Bagaimana Mengubah Duri Tulang Ikan Bandeng Menjadi Abon – Duri tulang ikan bandeng selama ini sering dibuang dan tidak bermanfaat. Namun di tangan Abdul Hakim, pengusaha ikan bandeng di Desa Leran, Manyar, Gresik, Jawa Timur, limbah duri ikan bandeng dapat diolah menjadi abon.

Abdul Hakim berinovasi memproduksi abon berbahan baku duri tulang bandeng. Selain untuk camilan, abon itu juga sangat cocok dikomsumsi masyarakat karena mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi dan baik untuk pertumbuhan tulang.

Ini membuat abon duri tulang bandeng produksi Abdul Hakim mulai banyak diminati warga. Hasil produknya juga mulai merambah ke sejumlahpasar di berbagai kota di Jatim.

Cara pembuatannya cukup sederhana. Duri-duri tulang ikan bandeng yang sudah tercabut dari tubuh ikan dikukus dalam sebuah panci selama setengah jam. Hal ini untuk melunakkan durinya. Duri-duri yang telah dikukus selanjutnya dihaluskan dengan blender.

Setelah dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu dari berbagai rempah seperti cabai merah, bawang putih, merica, daun jeruk, dan bumbu lainnya. Selanjutnya disangrai hingga jadilah abon duri ikan bandeng siap saji.

Menurut Suparno, penikmat abon, abon duri tulang bandeng terasa sangat gurih. Tak kalah dengan abon yang terbuat dari daging. Bau amis ikan bandeng sama sekali hilang dalam abon duri ini.

Berkat inovasinya, Abdul Hakim kebanjiran pesanan. Namun sayang ia belum memiliki alat penghalus duri berkapasitas besar sehingga pesanan konsumen tidak bisa dipenuhi tepat waktu. Untuk setiap bungkus abon dengan ukuran 100 gram dijual dengan harga Rp 9.000.